• (021) 75791324
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Implan Tulang - Menuju Era Material dalam Peniruan Tulang yang Semakin Maju

  

Seperti dilansir dari Businesswire, Xenco Medical, sebuah perusahaaan medis berbasis di San Diego - California, mengeluarkan produk implan tulang belakang bernama CancelleX Titanium. Implan titanium berpori CancelleX adalah implan tulang belakang yang berbahan material titanium foam yang dipasang pada suatu instrumen yang bersifat sekali pakai. Instrumentasi pemasang terbuat dari polimer komposit. Produk ini terinspirasi oleh tulang cancellous yang mana memiliki fitur porositas yang saling berhubungan pada seluruh bagian implan sehingga memiliki kemampuan untuk menyerap bahan di sekitarnya layaknya  spons. Struktur spons pada implan tulang berfungsi untuk mendukung proses vaskularisasi pada tulang dan memiliki kekuatan yang tinggi. Hal ini sejalan dengan konfrimasi pendiri dan CEO Xenco Medical, Jason Haider yang menyatakan bahwa produk ini dioptimalkan untuk penyerapan energi dan pertumbuhan tulang, mempunyai pori-pori yang saling berhubungan yang berfungsi untuk mencapai sifat mekanik seperti halnya tulang. Karena terbuat dari bahan titanium, sehingga secara alami implan memiliki kekuatan tekan yang tinggi dengan rasio kekuatan-terhadap-berat (strength-to-weight ratio), sifat biokompatibilitas tinggi, dan bahkan memiliki kemampuan untuk menghasilkan aksi kapiler melalui strukturnya. Implan tulang belakang ini dikembangkan dengan memanfaatkan teknologi manufaktur yang canggih.

 

 

Pada bagian intrumentasi, tidak seperti instrumentasi pemasang implan tulang belakang konvensional lainnya yang digunakan kembali pada ratusan pasien hingga terjadi kerusakan mekanis, instrumentasi dari Xenco Medical ini telah dipasangkan pada implan titanium foam dan dikemas secara steril untuk penggunaan khusus bagi setiap pasien. Hal ini dapat mengurangi kebutuhan saat pemrosesan dan sterilisasi baki instrumen, yang tidak hanya mahal dan tidak praktis tetapi juga meningkatkan risiko infeksi, kerusakan dan salah penempatan. Instrumen komposit polimer yang terpasang pada setiap implan titanium CancelleX selalu dalam kondisi prima, dan selalu dikalibrasi. Pemasangan dilakukan dengan memasukkan implan CencelleX pada inserter dan menggeser ujung inserter ke dalam slot pemasangan implan. Lalu kenop inserter diputar searah jarum jam sehingga implan dan instrumen dalam keadaan benar-benar terkunci.

 

 

Kekhawatiran mengenai kemajuan medis yang tersendat di tengah krisis virus korona bukannya tanpa alasan. Tetapi penemuan implan titanium berpori CancelleX ini menunjukkan bahwa masih banyak kemajuan ilmiah yang dapat dibuat di bidang medis, meskipun deru wabah global sedang berlangsung.

 

Referensi

  1. Businesswire. Xenco Medical Announces Nationwide Launching. Surgical Implant. [Online] 30 06 2020. https://www.businesswire.com/news/home/20200630005137/en/Xenco-Medical-Announces-Nationwide-Launch-of-its-CancelleX-Bio-inspired-Spinal-Implants-the-First-Injection-Molded-Titanium-Foam-Implants-for-Spine-Surgery-Pre-Attached-to-Disposable-Instruments.
  2. Medical, Xenco. Cancellex Titanium. Xenco Medical. [Online] 03 03 2021. https://www.xencomedical.com/projects/cancelleX-titanium.html.
  3. —. News - Sponge-like Tianium Foam Spinal Implant Strengthens Local Bone In-Growth. Interesting Engineering. [Online] 29 June 2020. https://interestingengineering.com/sponge-like-titanium-foam-spinal-implant-strengthens-local-bone-in-growth.

Kontributor :

  • Dr. Ir. Nandang Suhendra, M.Sc
  • Damisih, M.Sc (Editor)
  • Adita Wardani Rahmania, S.T (Editor)
  • Rizki Noorreza Allshal, A.Md. Kom (Ilustrator)

 

 

.


© 2021 Designed by Pusat Teknologi Material dan Pusat Manajemen Informasi - BPPT