• (021) 75791324
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Road to Rakernas BPPT Bidang Keteknikan: Rumah Komposit Tahan Gempa

 

 

Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) menggelar rangkaian kegiatan Webinar menuju Rapat Kerja Nasional (Rakernas) yang dibuka oleh Kepala BPPT, Dr. Ir. Hammam Riza, M.Sc., pada hari Kamis-Jum'at, 4-5 Maret 2021 yang dilaksanakan secara daring dan tatap muka terbatas di Gedung BPPT Jakarta. Pusat Teknologi Material (PTM) BPPT ikut berpartisipasi dalam Webinar Bidang Rekayasa Keteknikan dengan mengangkat Hasil Inovasi Teknologi Rumah Komposit Tahan Gempa (RKTG).

Ketersediaan bangunan tahan gempa adalah suatu kebutuhan bagi Bangsa Indonesia Indonesia yang belum memiliki standar bangunan rumah tahan gempa. Untuk itu, Inovasi Teknologi Bangunan Tahan Gempa, Tahan Api, Cepat Bangun dan Murah menjadi hal yang penting dilakukan. Untuk mempercepat pengembangan inovasi teknologi RKTG, PTM BPPT tergabung dalam Kegiatan Flagship Program Riset Nasional (PRN) 2020-2024 Bangunan Tahan Gempa, Tahan Api, Cepat Bangun, dan Murah dibawah naungan Kementerian Ristek/BRIN dengan Koordinator PRN adalah Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Pada webinar tersebut, PTM menyampaikan success story RKTG yang telah dicapai hingga saat ini. Pada tahun 2019, Tim RKTG telah membuat satu prototipe rumah hunian tetap Tipe 36 (Bale Kohana) di Kawasan PUSPIPTEK yang dapat dibangun dalam waktu yang cepat dan telah berhasil disimulasikan terhadap getaran gempa. Tahun 2020, BPPT telah berhasil membangun 2 unit prototipe Rumah Komposit Tahan Gempa yang akan digunakan oleh BPBD Tang-Sel dan Dinas Sosial Pemda Kabupaten Tangerang sebagai solusi mendukung program infrastruktur mitigasi bencana. Tahun 2021 BPPT akan bekerja sama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Lebak, Banten, untuk membangun prototipe rumah komposit tahan gempa 2 lantai yang akan difungsikan sebagai pos mitigasi bencana tsunami, sarana edukasi dan visualisasi bangunan tahan gempa.

Keunggulan Rumah Komposit Tahan Gempa (RKTG) adalah cepat bangun, bersifat knock down, modular, menggunakan panel dinding dan frame struktur ringan, simulasi time history & response spectrum zonasi gempa, dengan sistem koneksi join interlock dan desain rumah tumbuh dan deret.

Pada skema alih teknologi dan percepatan komersialisasi, BPPT melibatkan berbagai stakeholders, yaitu Kementerian terkait, BPBD, Pemkab/Pemkot, dan industri pengembang. RKTG diharapkan menjadi salah satu solusi produk inovasi karya anak bangsa berupa rumah hunian yang nyaman dan aman dengan harga yang terjangkau yang dapat berguna dan dinikmati oleh masyarakat sebagai infrastruktur mitigasi bencana khususnya di wilayah rawan bencana.


© 2021 Designed by Pusat Teknologi Material dan Pusat Manajemen Informasi - BPPT