Tel: (021) 75791324, Email: sekr-ptm@bppt.go.id

Pusat Teknologi Material menerima kunjungan dari Badan Kependudukan dan Keluraga Berencana (BKKBN), pada tanggal Selasa 22 Januari 2019 bertempat di Gedung 224, Kawasan Puspiptek Tangerang Selatan. Kunjungan dipimpin oleh Kumari, SH., MH. selaku Direktur Bina Kesertaan KB Jalur Pemerintah bersama 3 (tiga) staf lainnya dan diterima oleh Direktur Pusat Teknologi Material, Dr. Mahendra Anggaravidya, MSi. Kunnjungan ini diawali dengan sambutan dan paparan oleh Direktur Pusat Teknologi Material tentang profil dan kegiatan penelitiaan di lingkungan Pusat Teknologi Material, dilanjutkan sambutan oleh Direktur Bina Kesertaan KB Jalur Pemerintah, BKKBN.

Maksud  dari kunjungan ini adalah menindaklanjuti dari pertemuan harian pada hari ibu, terkait keluarga berencana di lingkungan Deputi Keluarga Berencana dan Kesehatan Produksi BKKBN. Menurut Kumari, BKKBN khususnya Deputi Keluarga Berencana dan Kesehatan Produksi telah mengembangkan alat KB Ceria yang bekerjasama dengan UNAIR dengan mitra industri Biofarma.

Menurut Kumari, meneruskan info dari Deputi Keluarga Berencana dan Kesehatan Produksi BKKBN, Indonesia banyak membutuhkan alat kesehatan laparoskopi yang saat ini masih impor. BKKBN memiliki tugas melaksanakan pengendalian penduduk dan menyelenggarakan keluarga berencana, salah satunya melalui penyediaan alat obat kontrasepsi dan sarana penunjang pelayanan kontrasepsi. Sarana penunjang pelayanan kontrasepsi Fallope Ring digunakan untuk mengokulasi tuba falopi (saluran telur) pada proses sterilisasi wanita dengan alat laparoskopi.

Di penghujung pertemuan, rombongan juga diajak untuk mengunjungi fasilitas laboratorium yang ada di lingkungan Pusat Teknologi Material. Dari kunjungan dan diskusi ini diharapkan adanya kerjasama pengembangan alat obat kontrasepsi dan alat laparoskopi berbahan baku lokal, yang bisa dilakukan oleh para peneliti dan perekayasa di lingkungan Pusat Teknologi Material.

 

(PTM-BPPT: AHF; Foto: Dok. Pribadi; Keg: PUI/2019)

Statistik Pengunjung

Today115
Yesterday175
This week886
This month1053
Total205967

Kontak Kami

Tel: (021) 75791324

Email: sekr-ptm@bppt.go.id

Alamat: Gedung 224, Kawasan PUSPIPTEK