Tel: (021) 75791324, Email: sekr-ptm@bppt.go.id

 

Pusat Teknologi Material – BPPT menerima kunjungan dari Tim Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Padjajaran (UNPAD) pada Selasa, 15 Januari 2019 di Gedung 224 Kawasan  Puspiptek, Tangerang Selatan. Pertemuan ini dimaksudkan  untuk diskusi inisiasi kerjasama riset tentang pengembangan dan pemanfaatan hasil inovasi teknologi material untuk kedokteran gigi. Tim UNPAD dipimpin langsung oleh Dekan Fakultas Kedokteran Gigi, Dr.drg. Nina Djustiana, M.Kes dan diterima oleh Direktur Pusat Teknologi Material, Dr. Drs. Mahendra Anggaravidya, M.Si beserta jajaran staf. Diskusi diawali dengan sambutan dari Dr. Drs. Mahendra Anggaravidya, M.Si yang memaparkan tentang kegiatan-kegiatan yang ada di Pusat Teknologi Material, dilanjutkan dengan pengantar dari Dr.drg. Nina Djustiana, M.Kes.

Seperti disampaikan oleh Dr.drg. Nina Djustiana, M.Kes, Perguruan Tinggi perlu bekerjasama secara teamwork dalam lingkup interprofessional education sesuai kompetensi. Selain harus bekerjasama dengan berbagai disiplin ilmu, riset juga didorong untuk dapat masuk ke industri. Dari FKG UNPAD, beberapa contoh inovasi penelitian yang dipersiapkan untuk produksi untuk aplikasi di masyarakat di antaranya pasta gigi FRIZZ, varnish fluoride, porselen, fiber post hasil electro spinning, gutta percha, semen dan implan gigi.  

“UNPAD punya program studi yang cukup banyak sehingga diharapkan banyak yang bisa dikerjasamakan,” ujar Dr.drg. Nina Djustiana, M.Kes.

Disebutkan oleh Dr.drg. Nina Djustiana, M.Kes bahwa di FKG UNPAD terdapat program spesialis yaitu sebanyak 8 program. Ini yang paling lengkap di Indonesia, dan ada program yang tidak ada di tempat lain yaitu Radiologi Kedokteran Gigi.

Diwakili oleh Dr. Ir. I Nyoman Jujur, M.Eng selaku Kepala Program, kegiatan biokompatibel material untuk alat kesehatan memaparkan tentang kegiatan dan hasil yang telah dicapai. Dipaparkan bahwa ada beberapa produk alat kesehatan dikembangkan oleh Pusat Teknologi Material antara lain implan traumatik SS 316L yang saat ini telah masuk ke e-katalog, implan traumatik dan generatif berbasis titanium, hidroksiapatit serta implan gigi.

“Target akhir kita jadi produk yang dikerjasamakan dengan industri. Jadi tidak hanya sebatas paper saja tapi harus bisa jadi produk yang bisa dihilirisasi,” kata Dr. Ir. I Nyoman Jujur, M.Eng.

Dalam kesempatan ini, PUI Teknologi Material Medis yang diwakili oleh Koordinator, Dr.Ir. Agushadi Santosa, M.Sc juga menyampaikan paparan tentang kegiatan PUI di Pusat Teknologi Material. Sebagai penutup, beliau menyampaikan perlu dikembangkannya kebijakan pelayanan kesehatan yang menggunakan produksi alat kesehatan dalam negeri serta pemberian insentif pemanfaatan bahan baku lokal dalam produksi alat kesehatan dalam negeri untuk meningkatkan TKDN. Selain itu, beliau berharap adanya dukungan kebijakan lintas kementerian terkait untuk percepatan hilirisasi hasil riset dan inovasi alat kesehatan.

(PTM-BPPT: IDM; Foto: BTW; Keg: PUI/2019)

Statistik Pengunjung

Today117
Yesterday175
This week888
This month1055
Total205969

Kontak Kami

Tel: (021) 75791324

Email: sekr-ptm@bppt.go.id

Alamat: Gedung 224, Kawasan PUSPIPTEK