Kerja Praktek dan Tugas Akhir

SOP Penerimaan dan Pelaksanaan Mahasiswa PKL/TA/Tesis/Disertasi di PTM BPPT

 

I.    Bidang riset yang akan menjadi tema program PKL/Tugas Akhir/Tesis/Disertasi sebagai berikut:

1.  Rekayasa material implan stainless steel 316L untuk aplikasi alat kesehatan

-         Jurusan : Teknik Material

2.  Rekayasa material implan bioceramics hidroxyapatite

-          Jurusan : Teknik Material, Fisika Biomedik, Kimia, Teknik Kimia

3.  Pengembangan material untuk aplikasi sensor dan instrumentasi pendukungnya

-          Jurusan : Teknik Material, Fisika, Teknik Fisika, Kimia, Teknik Kimia, Teknik Elektro

4.  Pengembangan material untuk aplikasi Solid Oxide Fuel Cell (SOFC)

-          Jurusan : Teknik Material, Fisika, Teknik Fisika, Kimia, Teknik Kimia

5.  Rekayasa nanomaterial polimer alam (karet) untuk ban pesawat

-          Jjurusan : Teknik Material, Kimia, Teknik Kimia

6.  Material Energi berbasis silikon polikristal untuk aplikasi sel surya

-          Jurusan : Teknik Material, Fisika, Teknik Fisika, Kimia, Teknik Kimia

7.  Material energi untuk aplikasi baterai

-          Jurusan : Teknik Material, Fisika, Teknik Fisika, Kimia, Teknik Kimia, Teknik Elektro

*Catatan: PTM BPPT hanya akan menerima mahasiswa yang melakukan riset dengan tema-tema riset di PTM BPPT.

 

II.  Prosedur Pendaftaran :

1.  Untuk pendaftaran Kerja Praktek/PKL, Calon Mahasiswa PKL/TA/Tesis/Disertasi perlu menyiapkan :

a.  Surat pengantar dari universitas (biasanya jurusan/wakil dekan, tergantung universitasnya). Surat pengantar ditujukan kepada :

Direktur Pusat Teknologi Material BPPT

Gedung 224, Kawasan Puspiptek, Tangerang Selatan

*Catatan: Kepeminatan bidang riset dituliskan di surat pengantar.

b.  Transkrip nilai yang sudah dipunyai.

2.  Dua dokumen tersebut (surat pengantar dan transkrip nilai) discan dan dikirim ke email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

3.  Manajemen PTM BPPT akan melakukan verifikasi data, dan menawarkan kepada Kepala Program (KP) Kegiatan di PTM yang bersedia melakukan pembimbingan dan menentukan nama perekayasa/peneliti pembimbing. KP (Troika) berdiskusi dengan pembimbing untuk menentukan tema riset PKL.

4.  Manajemen PTM BPPT akan membalas surat persetujuan (atau tidak setuju) penerimaan mahasiswa tersebut.

 

III.Pelaksanaan PKL/TA/Tesis/Disertasi di Gedung 224 PTM BPPT:

1.    Kehadiran pada pukul 07.30 – 16.00.

2.    Mengenakan name tag selama berada di lingkungan PTM BPPT.

3.    Melakukan piket kebersihan dua minggu sekali.

4.    Memberikan laporan dalam bentuk Buku Catatan Harian Penelitian (BCHP) per hari dan laporan akhir PKL/TA/Tesis/Disertasi.

5.    Pada hari ke-1 kedatangan Mahasiswa PKL/TA/Tesis/Disertasi :

a.  Diadakan Pertemuan Penyambutan dihadiri oleh Direktur, Kabag, Troika Kegiatan Terkait, Pembimbing/Pendamping PKL, Manajer Sarpras, dan staf terkait;

b.  Diberikan presentasi tentang PTM dan kegiatannya agar mahasiswa mengenal PTM secara keseluruhan;

c.  Dipandu berkunjung lab PTM oleh manajer Sarpras atau yang mewakili;

d.  Penjelasan Tata Tertib di Laboratorium Teknologi Material PTM;

e.  Disiapkan blanko surat Surat Pernyataan setelah menerima penjelasan tata tertib.

6.  Mahasiswa PKL/TA/Tesis/Disertasi wajib melaksanakan tata tertib Laboratorium Teknologi Material PTM dan wajib mengisi Surat Pernyataan mengikuti tata tertib.

7.  Mahasiswa PKL/TA/Tesis/Disertasi wajib membawa jas laboratorium sendiri karena Laboratorium Teknologi Material PTM tidak menyediakan.

8.  Pembimbing melakukan pertemuan untuk pembimbingan minimal seminggu sekali.

9.  Pada hari terakhir pelaksanaan PKL/TA/Tesis/Disertasi:

a.  Presentasi laporan hasil riset oleh mahasiswa yang dihadiri oleh pembimbing dan staf PTM terkait

b.  Pembagian sertifikat kepada mahasiswa

c.  Pamitan

10.  Teknis pembimbingan dalam kesehariannya diserahkan kepada pembimbing.

11.  Laporan PKL/TA/Tesis/Disertasi diserahkan ke PTM BPPT maksimal 1 (satu) bulan setelah selesai program.