Tel: (021) 75791324, Email: sekr-ptm@bppt.go.id

Kedeputian Teknologi Informasi, Energi dan Material (TIEM) menyelenggarakan rapat kerja (Raker) tahun 2018 pada 27 Februari – 2 Maret 2018 di Pusat Teknologi Material, Gedung 224 Kawasan Puspiptek Serpong dan dilanjutkan di Hotel Santika Premiere, Belitung. Raker dilaksanakan untuk mengevaluasi hasil kerja dan evaluasi rencana kerja tahun berjalan untuk memastikan sasaran-sasaran strategis baik L2, L1, terlebih L0 dapat tercapai pada akhir tahun 2018. Deputi Kepala TIEM yang baru dilantik, Prof. Dr.-Eng. Eniya Listiani Dewi, B.-Eng, M.-Eng menyampaikan beberapa arahannya dalam kesempatan tersebut.

 “Penajaman peran BPPT sudah diantisipasi pembangunan sektor IPTEK yang menaungi, diharapkan dapat melahirkan peran BPPT yang lebih tajam di tingkat nasional dan punya gaung di tingkat internasional. Diharapkan agar BPPT semakin diperhitungkan oleh pemerintah”, ujar Prof. Dr.-Eng. Eniya Listiani Dewi, B.-Eng, M.-Eng memberikan arahan pertama terkait peran BPPT yang semakin dipertajam dengan visi misi baru.

 

Sedangkan misi kedua melahirkan inovasi teknologi, kliring teknologi, audit teknologi dan layanan teknologi. Beliau mengharapkan agar misi ini harus dipahami dengan baik oleh seluruh personil dan agar semua kegiatan diarahkan untuk melahirkan peran sesuai misi tersebut. 

Menurut beliau, program kegiatan di Kedeputian TIEM sangat diperhitungkan di tingkat nasional. Dan hal ini akan lebih di-sounding-kan ke berbagai instansi pemerintah dan didorong lagi untuk bisa diterapkan dalam masyarakat.

“Sebagai contoh targetan 2018 harus menyelesaikan proyek panas bumi baik di Kamojang maupun Lahendong, harus selesai sebelum Juni sudah harus berhasil. Kita buktikan bahwa panas bumi ini menghasilkan listrik”, tambah Prof. Eniya.

Di bidang energi, disebutkan juga dalam arahan beliau mengenai proyek biogas yang sudah dibangun dan tinggal penyelesaian serta assembling. Pengadaan untuk proyek ini perlu diperhatikan agar sesuai spesifikasi dan tepat waktu. Baron Festival, salah satu edupark yang akan diadakan bulan April mendatang, juga diharapkan dapat dipersiapkan dengan baik.

“Selain energi, tidak kalah penting di bidang ICT. Kebutuhan nasional harus dijawab dengan cepat. Seperti misalnya audit IT untuk Asean Games. Diharapkan ada kerjasama yang baik dan kolaborasi dari berbagai unit”, tambah beliau.

Bidang ICT, beliau menyinggung tentang e-PBB yang merupakan salah satu program unggulan di Kedeputian TIEM agar dapat menunjukan peran BPPT di tingkat nasional. Selain itu, beliau berharap sistem navigasi penangkapan ikan dapat di-launching sebelum bulan Juni 2018.

Kegiatan yang lain seperti halnya launching sensor, e-katalog implan dan rotan di PTM merupakan program-program yang eye catching di tingkat nasional menurut beliau dan hasilnya sangatlah diharapkan. Demikian halnya program-program di PTSEIK seperti pupuk SRF dan pabrik garam. Terlebih pabrik garam di Kupang, yang isunya bahkan sudah sampai ke Presiden.

Di akhir arahannya, Prof. Eniya mengharapkan antar unit di Kedeputian TIEM dapat saling tukar menukar informasi dan bekerja sama. Hal ini terkait komitmen dalam satu visi menjadikan BPPT sebagai lembaga unggulan teknologi untuk kemandirian bangsa. Dengan berbagai program yang ada di Kedeputian TIEM, beliau berharap agar BPPT dapat lebih dikenal dan eksis serta menjadi rujukan nasional di bidang teknologi.

“Raker TIEM diharapkan bisa melahirkan satu persepketif teknologi ke depan. Kita punya bargaining position jika kita bisa menciptkan suatu teknologi dan menerapkannya,” pungkas beliau mengakiri arahannya. 

 

(PTM-BPPT: IDM, Foto: IDM, Keg: Umum)

Statistik Pengunjung

Today10
Yesterday158
This week305
This month1942
Total127053

Kontak Kami

Tel: (021) 75791324

Email: sekr-ptm@bppt.go.id

Alamat: Gedung 224, Kawasan PUSPIPTEK