Tel: (021) 75791324, Email: sekr-ptm@bppt.go.id

BPPT melalui Kedeputian Teknologi Informasi, Energi dan Material (TIEM) serta Pusat Teknologi Material melakukan Penandatanganan Perjanjian Kerjasama (PKS) Pengembangan & Sertifikasi Prototipe Retread Ban Pesawat Terbang dengan PT. GMF AeroAsia (GMF) pada Kamis, 15 Februari 2018 lalu. PKS ditandatangani oleh Dr. Hamam Riza, MSc selaku Deputi Kepala TIEM-BPPT dan Iwan Joeniarto selaku Dirut GMF. PKS ini merupakan perpanjangan dari PKS tahun sebelumnya dengan fokus pada pengembangan dan sertifikasi retread ban pesawat tipe Cessna 208 dan Twin Otter (DHC-6).

 

"Selain dengan BPPT, kami (PT GMF Aeroasia) juga melakukan kerjasama dengan perusahaan lain untuk pengembangan retread ban pesawat tipe jet. Semoga dengan ditandatanganinya PKS pada hari ini, agenda untuk mewujudkan industri retread ban pesawat lokal dapat segera terwujud," ujar Iwan Joeniarto dalam sambutannya.

PT. GMF Aeroasia yang baru saja menjadi go public company juga mengharapkan agar pembangunan industri retread ban pesawat oleh anak negeri dapat membantu permasalahan transportasi terutama di Indonesia bagian Timur, dengan tetap memperhatikan safety yang ditetapkan yang dilakukan dengan melakukan sertifikasi. Diharapkan pula PKS ini dapat didukung oleh regulasi pemerintah sehingga daya saing dunia dirgantara Indonesia semakin berkembang. Hal senada juga disampaikan oleh Deputi Kepala TIEM, Dr Hamam Riza, M.Sc

"Terima kasih kepada PT. GMF Aeroasia untuk kesempatannya memperpanjang PKS ini agar kita bersama-sama mampu mewujudkan pengembangan retread ban pesawat ini sampai kepada tahap hilirisasi dan komersialisasi. Semoga dengan terealisasinya kerjasama ini, kita dapat bersama-sama meningkatkan layanan transportasi untuk masyarakat sekaligus meningkatkan penyerapan karet alam melalui inovasi karet alam menjadi produk strategis yang mendukung program-program nawacita pemerintah,” demikian disampaikan Dr. Hamam Riza, M.Sc saat menutup sambutannya.

Kegiatan pengembangan ini merupakan upaya inovasi yg dilakukan bersama-sama. BPPT diberikan kewenangn untuk melakukan perekayasaan, alih teknologi maupun clearing teknologi yg memang dibutuhkan oleh mitra-mitra industri. BPPT mendorong peningkatan TKDN dalam berbagai produk teknologi di Indonesia, dalah satunya retread ban pesawat terbang, mengingat Indonesia adalah salah satu penghasil karet terbesar di dunia.

 

(PTM-BPPT: DKU - IDM; Foto: DKU , Keg: Karet)

Statistik Pengunjung

Today47
Yesterday108
This week362
This month2143
Total135845

Kontak Kami

Tel: (021) 75791324

Email: sekr-ptm@bppt.go.id

Alamat: Gedung 224, Kawasan PUSPIPTEK