Tel: (021) 75791324, Email: sekr-ptm@bppt.go.id

PUI (Pusat Unggulan Iptek) Material Medis, PTMBPPT, mengikuti Rapat Kerja (Raker) PUI tahun 2018 di Auditorium Graha Widya Bakti, PUSPIPTEK pada 6-7 Februari 2018. Raker yang bertemakan “Sinergi Untuk Negeri, Melangkah Bersama Mengembangkan Keunggulan Riset Indonesia” diikuti oleh sekitar 300 peserta yang terdiri dari 78 lembaga PUI Litbang dan 24 lembaga PUI Perguruan Tinggi. Selain itu, raker juga dihadiri oleh perwakilan dari instansi induk, yaitu 5 LPNK (BPPT, BATAN, LIPI, LAPAN, BMKG), 6 LPK (Kementerian Pertanian, Kementerian Perindustrian, Kementerian Kesehatan, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian ESDM, Kementerian LHK), 2 Litbang Badan Usaha (PT. Riset Perkebunan Nusantara, Perum Perhutani), serta perwakilan dari Bappenas.

Pada raker ini, diharapkan adanya sinergisitas untuk melangkah bersama dalam menjalankan peta kerja yang dilakukan oleh masing-masing PUI. Seperti yang disampaikan oleh Direktur Lembaga Litbang dan Pengembangan Kemenristekdikti, Ir. Kemal Prihatman, M.Eng dalam sambutannya.

“Peta kerja PUI tahun 2018, difokuskan pada sinergisitas kelembagaan Iptek yang ada di bawah bimbingan atau pendampingan dari Sekretariat PUI Kemenristekdikti ini berupa clustering. Diharapkan ada beberapa cluster seperti energi, pangan, pertanian, perhubungan dan kesehatan. Diharapkan juga kegiatan hilirisasi di tahun 2018 akan terjadi peningkatan. Diharapkan bisa melakukan hilirisasi di kawasan pulau Batam dan hilirisasi dengan pihak Jepang”, ujarnya.

Pada hari pertama raker, rangkaian acara diisi dengan pemaparan progres kinerja PUI, dan diberikan  pemahaman-pemahaman umum terkait dengan penguatan pencapaian kinerja lembaga litbang yang dimoderatori oleh Kasubdit Lemlitbang Pemerintah Pusat, Yudho Baskoro, MSi., MPP. Pada hari berikutnya diadakan kunjungan ke beberapa PUI yang  ada di kawasan PUSPIPTEK. Ada 9 lembaga PUI yang dikunjungi yaitu Pusat Teknologi Radioisotop dan Radiofarma BATAN, Pusat Sains dan Teknologi bahan Maju BATAN, Pusat Penelitian Metrologi LIPI, Pusat Penelitian Kimia LIPI, Pusat Penelitian Fisika LIPI, Balai Teknologi Polimer BPPT, Pusat Penelitian Material dan Metalurgi LIPI, Balai Jaringan Informasi dan Komunikasi BPPT, dan Pusat Teknologi Material BPPT (PUI Material Medis).

Pada kesempatan tersebut, disampaikan bahwa PUI juga memegang peranan sangat penting di  dalam mencapai ultimate tools yang ditetapkan pemerintah terhadap Kemenristekdikti. Hal ini seperti yang disampaikan oleh Direktur Pembinaan Kelembagaan Perguruan Tinggi, Dr. Totok Prasetyo, B.Eng., MT.

“Tahun 2018 ini memasuki tahun yang sangat penting, karena ini adalah puncak daripada pencapaian program PUI selama 5 tahun ini. Tahun 2019 saya memperkirakan intensitas maupun kinerja dari Direktur Dirjen Pengembangan Litbang khususnya di pengembangan PUI tidak sebagus tahun 2018, karena tahun 2019 puncak-puncaknya tahun politik. Sehingga di raker pengembangan ini kita perlu diskusikan supaya program kerja tahun 2018 ini bisa tercapai dengan baik”, kata Dr. Totok Prasetyo, B.Eng., MT.

Kunjungan Pusat Teknologi Material-BPPT diterima oleh Dr. Agus Hadi S. Wargadipura selaku koordinator kegiatan PUI Material Medis. Pada kunjungan tersebut dipaparkan dan diperlihatkan produk unggulan lembaga yaitu produk implant tulang stainless steel 316L dan beberapa produk terkait alat kesehatan yang dihasilkan oleh lembaga. Selain juga dilakukan kunjungan ke beberapa fasilitas laboratorium yang ada di Laboratorium Teknologi Material PTM.

 

 (PTM-BPPT: DAF - IDM; Foto: DAF; Keg: PUI)

Statistik Pengunjung

Today73
Yesterday136
This week1002
This month2306
Total143667

Kontak Kami

Tel: (021) 75791324

Email: sekr-ptm@bppt.go.id

Alamat: Gedung 224, Kawasan PUSPIPTEK