Tel: (021) 75791324, Email: sekr-ptm@bppt.go.id

Tim Kegiatan Tekstil dari Pusat Teknologi Material-BPPT melakukan kunjungan ke PT. Asia Pacific Fibers (PT. APF) yang berlokasi di Klari, Karawang, Jawa Barat pada Selasa, 23 Desember 2018. Kunjungan oleh tim yang berjumlah 7 orang ini adalah dalam rangka kick off Program Kegiatan dan Kerjasama antara PTM-BPPT dan PT. APF yang telah ditandatangani PKS nya beberapa waktu yang lalu.

Disana saya memaparkan program untuk tahun 2018 dan roadmap-nya sampai tahun 2022 mengenai inovasi teknologi material polimer dan serat untuk fungsional textile,” ujar Sudirman Habibie.

Menurut Sudirman, fungsional textile dasarnya adalah fiber atau serat. Dan kebetulan fiber yang digunakan berupa poliester. Di Indonesia, produksi poliester cukup besar dan menggunakan lebih banyak bahan baku dari dalam negeri yaitu parasilin. Dari parasilin ini kemudian diproses menjadi PTA (Purified Terephtalic) dan MEG (Mono Etilena Glikol). Dan kedua komponen ini kemudian direaksikan menjadi poliester.

“Mereka ini, PT. APF, 95% produknya diekspor. Permintaan terbesar lebih banyak ke Eropa untuk ekspor. Persyaratan dari Eropa bahwa poliester ini sudah mengandung komponen tahan api, itu persyaratan utamanya. Karena ini pengalaman dari Eropa sendiri, sebagian besar kebakaran yang terjadi itu menyebabkan banyak korban di pihak wanita, anak-anak dan lansia,”

Lebih lanjut, seperti dijelaskan oleh Sudirman, jatuhnya banyak korban karena cepatnya api menjalar yang disebabkan oleh tekstil yang digunakan untuk sofa, karpet, pakaian dan lain-lain tidak mengandung bahan tahan api. Oleh karena itu, Eropa kemudian mempersyaratkan untuk tekstil yang masuk ke mereka harus bersifat tahan api.

 “Mereka (PT. APF) sudah membuat tekstil yang tahan api, tapi masih ada permasalahan. Masalah utama, menimbulkan asap atau smoke. Dan smoke ini beracun. Ternyata racunnya dari bahan tahan api yang bersifat toksik yaitu fosfor yang mereka gunakan,” tambah Sudirman.

Dalam kerjasama ini PTM-BPPT diminta untuk mengembangkan zat tahan api (fire retardant) yang tidak toksik dan bersifat anti bakteri. Selain itu, PTM juga diharapkan mengembangkan poliester resin, yaitu resin yang berbasis poliester serta komposit poliester resin. Resin jenis ini banyak kegunaannya seperti halnya untuk botol, casing hp, tivi dan lain-lain. Sementara ini PT. APF belum membuat produk tersebut. Menurut Sudirman, tiga hal utama tersebut yang menjadi pokok kerjasama dengan PT. APF dan akan dikerjakan secara bertahap dalam beberapa tahun ke depan.

 

(PTM-BPPT: SH - IDM; Foto: Dok. Pribadi, Keg: Tekstil)

Statistik Pengunjung

Today75
Yesterday136
This week1004
This month2308
Total143669

Kontak Kami

Tel: (021) 75791324

Email: sekr-ptm@bppt.go.id

Alamat: Gedung 224, Kawasan PUSPIPTEK