Peringatan HAKTEKNAS 2017, Tim PTM-BPPT Persiapkan Booth Pameran

Peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (HAKTEKNAS) ke-22 tahun 2017 dipusatkan di Kota Makassar dan mengambil tema tentang kemaritiman. Acara yang mengusung beberapa teknologi unggulan karya anak bangsa baru pertama kali ini diselenggarakan di luar pulau Jawa. Puncak acara Hakteknas sendiri bertepatan pada Kamis, 10 Agustus 2017. Memeriahkan HAKTEKNAS, Pusat Teknologi Material (PTM-BPPT) turut berpartisipasi dengan menampilkan produk hasil inovasinya dalam pameran, yaitu implan SS 316L dan rubber air bag. Tim PTM-BPPT dari Kegiatan Material untuk Alat Kesehatan telah tiba di Kota Makassar beberapa hari sebelum puncak peringatan Hakteknas berlangsung untuk persiapan pameran.

 

Tim PTM-BPPT yang diketuai Ir. Iwan Setyadi, MT dan tim dari PT. Zenith Allmart Precisindo (PT. ZAP) selaku mitra industri, bersama-sama melakukan koordinasi dan pembuatan booth pameran “Pengembangan Teknologi Produksi Implan SS 316L”. Persiapan dilakukan dengan baik dan matang mengingat produk implan SS 316L mendapatkan tempat pameran di eye catching booth dalam acara tersebut. Persiapan booth pameran dijadwalkan selesai sebelum gladi bersih pada Rabu, 9 Agustus 2017.

“Tampilan benda pamer implan SS 316L kami tata berdasarkan urutan proses pengembangan teknologi produksinya. Dimulai dari bahan baku kemudian tampilan proses investment casting. Baru setelah itu, kita tampilkan beberapa varian produk prototipe implan tulang atau bone fixation”, demikian keterangan dari Ir. Iwan Setyadi, MT selaku Group Leader dalam Kegiatan Material untuk Alat Kesehatan

Bahan feronikel dari Pomalaa ditampilkan sebagai bahan baku implan SS 316L. Sedangkan proses investment casting diwakili dengan tampilan wax pattern dan ceramic moulding after lost wax untuk prototipe Total Hip Replacement atau THR yang akan dikembangkan selanjutnya. Untuk melengkapi booth pameran, ditampilkan rangka manusia secara utuh yang menunjukkan anatomi tulang dan tempat pemasangan implan sesuai dengan penggunaannya.

Disamping benda pamer, telah disiapkan juga beberapa flyer dan brosur tentang pengembangan teknologi produksi implan SS 316L yang dilakukan oleh PTM-BPPT dengan mitra industri PT. ZAP. Untuk menarik minat dan perhatian, beberapa keunggulan produk implan disampaikan juga dalam flyer dan brosur yang telah dicetak tersebut.

 

(PTM-BPPT:IS;Ed:IDM; Foto: Dok. Pribadi)