Inovasi Teknologi Komposit untuk Konstruksi dan Bangunan Mendapat Sambutan yang Positif dari Pejabat BNPB

Tim dari Kegiatan Rumah Komposit PTM (Pusat Teknologi Material) BPPT yang dipimpin oleh Dr. Nandang Suhendra, selaku kepala program bergabung dalam kegiatan Pertemuan Ilmiah Tahunan Riset Kebencanaan dan Munas AIBI Tahun 2017, dengan memamerkan salah satu produk rumah komposit dengan nama RK23. Selama berlangsungnya pameran tersebut, stand RK23 telah menarik perhatian banyak pengunjung, diantaranya adalah pejabat tinggi dari lingkungan BNPB, dan para pejabat dari BPBD Bogor, Universitas Esa Unggul dan dari kalangan lainnya.

Anggota tim rumah komposit yang secara aktif bertugas dalam pameran ini, yaitu Ir. Syah Johan Ali Nasiri,M.Sc.,PhD, Ir. Seto Roseno, B.Eng, M.Sc dan Ir. Muslim Efendi Harahap, M.Sc,MBA., telah memberikan penjelasan kepada pengujung yang sempat berdiskusi seputar teknologi rumah komposit ini, bahkan sebagian dari pengunjung telah memberikan masukan berupa saran-saran mengenai rumah komposit yang dipamerkan.  

 

Selama kegiatan Pertemuan Ilmiah Tahunan (PIT) Riset Kebencanaan ke-4 yang diselenggarakan di Universitas Indonesia (UI) ini, telah hadir berkunjung ke stand rumah komposit  RK23, Deputi Ka BNPB Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan yaitu Ir. B. Wisnu Widjaja, MSc., Deputi Ka BNPB Bidang Logistik dan Peralatan, yaitu Rudi Phadmanto, Ak. MBA, Sestama BNPB, Ir. Dody Ruswandi, MSCE dan Inspektur Utama Drs. Bintang Susmanto Noortjahjo, Ak., MBA. Komentar yang disampaikan oleh petinggi BNPB terutama mengenai sertifikasi produk RK yang disiapkan oleh PTM-BPPT. Selanjutnya mereka mengundang tim ahli RK PTM berudiensi ke BNPB untuk mempelajari peluang Kerjasama antara BPPT dan BNPB dalam hal penerapan rumah komposit untuk penanganan pemukiman sementara korban bencana.

(PTM-BPPT:NDG; Foto: Dok. Pribadi)