Pusat Teknologi Material Gelar Workshop Drum Tire Testing Machine untuk Ban Pesawat

Pusat Teknologi Material (PTM) – BPPT mengadakan acara “Workshop Drum Tire Testing Machine Untuk Ban Pesawat” pada Selasa, 6 Juni 2017. Acara yang dimotori oleh Kegiatan Inovasi Karet Alam ini terselenggara atas kerjasama dengan Kementerian Perindustrian (Kemenperin) dan PT. Tarsindo Global Utama. Bertempat di lobi lantai dasar Gedung 224 Kawasan Puspiptek Serpong, adapun pembicara berasal dari Testing Service GmbH (Aachen - Jerman), Dr. Stephane Koehne dibantu oleh Ferdy Firdaus dari Tarsindo. Dr. Stephane Koehne menjelaskan prinsip dan cara kerja beberapa alat drum tire testing dalam workshop yang dihadiri oleh sekitar 50 orang peserta tersebut.  

 

Drum tire testing yang disampaikan sesuai dengan Technical Standard Orders TSO-C62E. Hal ini mengacu pada regulasi di Indonesia bahwa pesawat harus memiliki standar yang tinggi dan lolos uji serta sertifikasi dari Direktorat Kelaikan Udara dan Pengoperasian Pesawat Udara (DKUPPU) dibawah Kementerian Perhubungan.

“Dengan standard TSO ini, maka ban pesawat dapat digunakan untuk aviasi,” ungkap Dr. Hanif Yuliani, salah satu tim perekayasa karet alam untuk ban pesawat yang hadir dalam acara tersebut.  

Dr. Hanif Yuliani juga mengatakan bahwa pengadaan alat drum test ini perlu disiapkan bangunan khusus untuk mengantisipasi resiko ledakan yang mungkin dapat terjadi. Baik pihak Testing Service GmbH selaku produsen dan PT. Tarsindo Global Utama selaku supplier di Indonesia menyatakan siap mensupervisi terkait dengan safety.

Acara workshop diakhiri dengan kunjungan ke Balai Besar Teknologi Kekuatan Struktur (B2TKS-BPPT) untuk melihat fasilitas drum test apakah dapat dimodifikasi untuk ban pesawat. Menurut Dr. Stephane Koehne bisa dilakukan peningkatan kecepatan alat tersebut namun perlu diukur terlebih dahulu akselerasi alat, demikian pula dengan kemampuan motornya.

 

(PTM-BPPT:IDM; Foto: Dok. Pribadi)