Bangun Jaringan Kerjasama, Pusat Teknologi Material Berkunjung ke Industri Komposit

Tim kegiatan rumah komposit dari Pusat Teknologi Material (PTM)-BPPT, mengadakan kunjungan ke industri komponen bangunan komposit, PT. Beton Elemindo Putra (PT. BEP), di Batujajar, Bandung pada Kamis, 4 Mei 2017. Perusahaan yang bertempat di Jl. Raya Batujajar KM 5 No. 8 ini memiliki kapasitas produksi komponen bangunan rumah komposit cukup besar serta mampu membuat komponen rumah komposit tipe 36 dan 46 dalam waktu 2 (dua) minggu. PTM-BPPT mengirimkan 5 (lima) orang perekayasanya dalam kesempatan tersebut. Tim kunjungan dikepalai oleh Drs. Saeful Rohman dengan beranggotakan Drs. Suryadi, MT, Drs. Hadi P. Sulaikan, Ir. Masmui, M.Sc dan Ir. Yelvia Deni.

Kunjungan ini dimaksudkan untuk membangun jaringan kerjasama dengan industri dari berbagai aspek kepentingan. Hal ini diharapkan dapat mempercepat tercapainya tujuan kegiatan, yaitu penerapan teknologi rumah komposit di masyarakat. Terutama untuk konstruksi dan bangunan, sektor-sektor industri, perumahan serta masyarakat yang terkena bencana (rumah darurat).

“PT. BEP merupakan perusahaan besar yang memproduksi komponen bangunan berbahan baku komposit. Mereka memiliki divisi riset dan pengembangan yang cukup aktif dalam berinovasi. Ini berkaitan dengan kegiatan inovasi teknologi komposit yang dilakukan oleh PTM-BPPT. Dan hal ini menjadikan PT. BEP penting untuk dikunjungi”, ungkap Drs. Saeful Rohman selaku Insinyur Kepala (Chief Engineer) di kegiatan rumah komposit terkait alasan kunjungan tersebut.

Dalam laporannya, Drs. Saeful Rohman juga menyatakan PT. BEP bersedia untuk kerjasama riset dan pengadaan komponen berbahan baku komposit. PT. BEP merupakan salah satu federasi produsen material bangunan terbesar dan terpercaya di Indonesia. Produk utama perusahaan ini adalah sistem dinding dan modular inovatif yang memungkinkan pembangunan cepat hunian, kokoh dengan insulatif intensif.

“PT. BEP ini merupakan salah satu federasi produsen material bangunan terbesar dan terpercaya di Indonesia”, tambah Dr. Nandang Suhendra dihubungi ditempat terpisah. Dr. Nandang Suhendra merupakan Kepala Program dari kegiatan inovasi rumah komposit.

PT. BEP disebutkan memproduksi EPS foam untuk bangunan ultra ringan yang dapat digunakan untuk struktur apung ramah lingkungan. Bahan baku seratus persen limbah yang telah didaur ulang, terutama dari bahan polistiren dari perkotaan.

(PTM-BPPT:IDM; Foto: Dok. pribadi)