Tel: (021) 75791324, Email: sekr-ptm@bppt.go.id

Sebagai tindak lanjut lolosnya proposal insentif PPTI Kemenristekditi untuk retread ban pesawat ke tahap berikutnya, diadakan fact finding ke salah satu mitra industri ban pesawat yaitu PT. CAR (Ciharas Avia Retread) yang berada di kawasan Karawaci. Dalam acara fact finding ini, dari Pusat Teknologi Material yaitu turut serta tim karet yang dipimpin oleh Ibu Lies Agustine selaku Kepala Program Kegiatan Rekayasa Karet Alam untuk Ban Pesawat, Dita Adi  Saputra, M.Sc dan Dewi Kusuma Arti M.Sc serta dari Kemenristekdikti yaitu Ibu Wiwiek Yuliani. Sedangkan dari PT. CAR, Bapak Bimo Agus dan Bapak Sarjono yang turut serta mendampingi selama fact finding.

Program retread ban pesawat sudah tepat dikembangkan saat ini karena memang sudah sangat dibutuhkan. Bisa dimulai dengan ukuran pesawat general aviation dimana banyak digunakan oleh maskapai penerbangan” demikian pesan dari Ibu Wiwiek Yuliani, Kemenristekdikti.

Adapun kegiatan ini adalah untuk menjawab tantangan meningkatnya pertumbuhan penggunaan transportasi udara yang berdampak pada semakin meningkatnya jumlah kebutuhan penggantian ban pesawat, baik dengan ban baru maupun ban retread/vulkanisir. Kegiatan pengembangan teknologi kompon karet untuk aplikasi retread ban pesawat sendiri telah dilakukan di Pusat Teknologi Material sejak tahun 2014.

Sedangkan Program PPTI sendiri diadakan agar dapat mendorong terciptanya inovasi di industri. Daya saing secara global dinilai masih lemah dan belum menunjukkan kemajuan yang berarti karena kurang didukung inovasi di industri. Oleh karena itu, penting sekali dukungan pemerintah dalam pengembangan produk di industri dengan melakukan program konsorsium inovasi yang menyertakan pemerintah, akademisi dan bisnis dalam suatu pola ABG. (*IDM*)

Statistik Pengunjung

Today75
Yesterday136
This week1004
This month2308
Total143669

Kontak Kami

Tel: (021) 75791324

Email: sekr-ptm@bppt.go.id

Alamat: Gedung 224, Kawasan PUSPIPTEK